ANEKA PERISTIWA
KRIMINOLOG MENDUGA PARPOL BENTUK GENG MOTOR KLEWANG
Senin, 20 Mei 2013

Kriminolog menduga parpol bentuk geng motor Klewang

Pekanbaru (ANTARA News) - Kriminolog dari Universitas Islam Riau, Syahrul Akmal Latif, menduga adanya keterlibatan partai politik (parpol) dalam pembentukan organisasi geng motor yang dipimpin Suardirejo alias Klewang di Pekanbaru.

"Jika telah dibentuk oleh parpol, tentu ada kepentingan politiknya. Namun indikasi ini masih dalam penelusuran," kata Syahrul kepada ANTARA News di Pekanbaru, Senin.

Menurut dia, sejumlah organisasi geng motor dengan `pucuk` pimpinan bernama Klewang bukan merupakan organisasi instan yang dapat tumbuh dengan sendirinya dan leluasa berbuat onar hingga aksi-aksi kejahatan. Dalam membentuk organisasi geng motor, menurut dia, membutuhkan waktu dan strategi yang benar-benar `matang`.

Salah satunya, kata Syahrul, yakni strategi menjaringan kader hingga pemilihan pimpinan-pimpinan yang menjadi `kaki-tangan` Klewang. Kemudian adanya strategi pengembangan `sayap-sayap` dari kelompok geng motor hingga menjadi beberapa bagian dan tersebar di sejumlah wilayah.

"Semuanya ini merupakan strategi yang benar-benar matang, sama seperti pembentukan organisasi yang merupakan `sayap-sayap` parpol," katanya.

Terlebih, kata Syahrul, pertumbuhan kelompok-kelompok geng motor di Pekanbaru yang begitu pesat.

"Hanya dalam tempo kurang dari tiga tahun, geng motor di Pekanbaru sudah membentuk sejumlah kelompok yang terus saja berbuat kejahatan. Namun terungkapnya baru belakangan ini," katanya.

Kondisi demikian, menurut dia, patut dicurigai dan sewajarnya aparat kepolisian melakukan pendalaman agar pengungkapan kasus menjadi benar-benar maksimal.

Aparat Kepolisian Resort Kota (Polresta) Pekanbaru sebelumnya telah menangkap Klewang bersama belasan anak buahnya yang tergabung dalam beberapa kelompok geng motor.

Klewang dan anak-anaknya memimpin sebanyak lima kelompok geng motor di Pekanbaru, seperti XTC, Academy Rush Comunity (ARC), Atiet Abang, Sindikat Hantu Nekat (Sinchan), Penjahat Kelamin (PK), dan Street Demon.


Sumber: antaranews.com

BERITA ANEKA PERISTIWA LAINNYA
Lihat Berita Lainnya »
SUARA RAKYAT
P : Ijin pak?Terimakasih sebelumya.Untuk pendaftaran scaba polri gelombang 2 tahun 2010 untuk polda jambi ada tidak ?Dan kalo tidak ada apakah polda daerah yg lain ada?Apakah semua polda indonesia tidak sama jadwal penerimaannya pak?
J : _maret 20 11