ANEKA PERISTIWA
REKRUTMEN PENGARUHI INDEPENDENSI PKP, PPATK
Jumat, 24 Mei 2013

Rekrutmen Pengaruhi Independensi KPK, PPATK
Jumat, 24 Mei 2013 | 22:02 WIB

Jakarta - Independensi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) terus dipertanyakan seiring dengan lebih mengendapankan unsur politik ketimbang hukum.

KPK misalnya mengabaikan kasus besar seperti Century dan Hambalang serta lebih memilih fokus pada isu publik di kasus impor sapi merupakan indikasi lunturnya independensi itu. Sedangkan PPATK lebih sering berbicara kepada publik mengenai isu-isu panas aliran dana yang seharusnya menjadi milik penegak hukum.

Pengamat hukum dari Universitas Islam Indonesia Yogyakarta Muzakir berpendapat hal seperti itu tidak terlalu mengherankan. Sebab ketua dan komisioner KPK dan PPATK juga dipilih karena lebih banyak unsur politiknya ketimbang hukumnya.

"Kita harus menengok pendekatan calon komisioner atau anggota PPATK dan KPK pada saat seleksi di DPR. Diduga kuat ada kekuatan politik pendukung calon pejabat pada dua lembaga tersebut, yang berpengaruh kepada independensi mereka, karena diduga kuat menuntut imbalan atas dukungannya," ujarnya Jumat (24/5/2013).

Muzakir melihat bocornya Sprindik Anas Urbaningrum juga menunjukkan independensi yang luntur. "Proses seleksi juga ikut memberi kontribusi terhadap independensi ke dua lembaga tersebut. Contoh, mengapa sprindik bocor ke PD (Partai Demokrat)," paparnya.

Banyaknya kritikan yang muncul pada KPK saat ini karena dalam kasus suap daging sapi KPK gencar melakukan penyidikan sementara dalam kasus lain seperti Hambalang dan Centruy KPK cenderung mengambangkannya.

PPATK juga demikian, sebagai lembaga pemasok informasi bagi lembaga negara, seharunsya PPATK tidak mengungkap ke publik mengenai aliran dana seseorang. Sebab, hasil kerja PPATK diperuntukkan bagi lembaga negara, bukannya untuk diumbar ke publik. [tjs]

(dikutip dari Inilah/kki-wied)


BERITA ANEKA PERISTIWA LAINNYA
Lihat Berita Lainnya »
SUARA RAKYAT
P : Ijin pak?Terimakasih sebelumya.Untuk pendaftaran scaba polri gelombang 2 tahun 2010 untuk polda jambi ada tidak ?Dan kalo tidak ada apakah polda daerah yg lain ada?Apakah semua polda indonesia tidak sama jadwal penerimaannya pak?
J : _maret 20 11