HUKUM
PENAHANAN ANAS TUNGGU SERAH TERIMA RUTAN GUNTUR
Selasa, 24 Desember 2013

KPK: Penahanan Anas Tunggu Serah Terima Rutan Guntur
Selasa, 24 Desember 2013 | 11:18

Jakarta - Terus dibandingkannya upaya penahanan terhadap Gubernur Banten, Ratu Atut Chosiyah dengan belum ditahannya eks Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat, Anas Urbaningrum, membuat telinga Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) panas.

Atas dasar itu, Wakil Ketua KPK, Zulkarnain secara tidak langsung mengatakan bahwa penahanan terhadap Anas akan dilakukan setelah Rutan Kelas I Jakarta Timur cabang KPK di Guntur, Manggarai, Jakarta Selatan, yang baru dibangun usai diresmikan.

"Tentu kita menunggu penyerahan resmi Rutan Guntur," ujar Zulkarnain ketika ditanya apakah penahanan Anas menunggu Rutan Guntur diserahterimakan, di kantor KPK, Jakarta, Senin (23/12).

KPK masih menunggu koordinasi dengan pihak Pomdam Jaya. Hal ini mengingat, rutan cabang KPK tersebut berada di wilayah kekuasaan Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat.

Terkait Rutan Guntur, memang pembangunannya sudah selesai. Namun, tidak lama lagi Rutan yang terdiri dari 13 sel tahanan baru tersebut siap digunakan.

KPK memang telah menetapkan Anas Urbaningrum sebagai tersangka kas penerimaan hadiah atau janji terkait proses perencanaan pelaksnaan pembangunan Hambalang dan atau proyek-proyek lainnya, pada Februari 2013 lalu.

Dalam penjelasannya, KPK mengatakan Anas ditetapkan menjadi tersangka dalam kapasitasnya sebagai anggota DPR 2009-2014.

Kemudian, terhadap Anas diduga melanggar pasal 12 huruf a atau huruf b dan atau pasal 11 UU Tipikor. Namun, dalam kasus ini, KPK tidak hanya membidik penerimaan Anas dalam proyek Hambalang. Penyidikan KPK melebar aliran dana dalam kongres Partai Demokrat tahun 2010 silam.

(dikutip dari Beritasatu/kki-wied)


BERITA HUKUM LAINNYA
Lihat Berita Lainnya »
SUARA RAKYAT
P : Ijin pak?Terimakasih sebelumya.Untuk pendaftaran scaba polri gelombang 2 tahun 2010 untuk polda jambi ada tidak ?Dan kalo tidak ada apakah polda daerah yg lain ada?Apakah semua polda indonesia tidak sama jadwal penerimaannya pak?
J : _maret 20 11