HUKUM
PENGKHIATAN TERHADAP KONSTITUSI
Senin, 8 April 2013

Sidang Paripurna Dicueki Anggota Dewan

Pengkhianatan terhadap Konstitusi

Senin, 8 April 2013 | 00:32 Wita

Oleh: Melkior Wara Mas
Presidium Gerakan Kemasyarakatan

PERILAKU anggota DPR yang sering bolos, malas-malasan adalah bentuk pengkhianatan terhadap konstitusi. Sungguh memalukan DPR tidak punya inisiatif, ketidakseriusan melayani rakyat dan tidak mampu menjelaskan pikiran terbaik, sikap yang mengacukan nasib rakyat.

Bagaimana bisa memiliki inisiatif bila kewenangan sebagai anggota DPR selalu diabaikan, justru yang terlihat DPR lebih sering menukar hati nurani dengan suap. Sebagai wakil rakyat seharusnya memahami bahwa harkat rakyat dan warga negara bukan ditentukan oleh kelahiran, melainkan oleh perilaku.

Sekecil apa pun perilaku baik positif maupun negatif akan berpengaruh pada kinerja DPR dan berpengaruh pada tingkat kemajuan kehidupan berdemokrasi. Ketidakjujuran dan ketidaksetiaan anggota DPR dapat mengurangi pengertian dan dukungan seluruh rakyat bagi perkembangan nilai-nilai pendidikan demokrasi bangsa.

DPR sulit mendedikasikan diri bagi rakyat yang telah memilih, harapan akan kesejahteraan rakyat semakin sia-sia. Rendahnya ilham kesadaran anggota akan tanggung jawab, menurunkan kepercayaan publik kepada konstitusi DPR. (*)

  • Editor: Dheny
  • Sumber: Banjarmasin Post Edisi Cetak

  • BERITA HUKUM LAINNYA
    Lihat Berita Lainnya »